Inilah Pondok Pesantren Terbaik di Indonesia

Inilah 10 Pondok Pesantren Terbaik di Indonesia

5. Pesantren Krapyak

Pesantren Krapyak, yang dibangun oleh KH M. Munawir pada 1911, ialah pesantren perintis tahfiz Al-Qur’an pertama di Indonesia, yang beralamat di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Tak terbatas untuk tahfiz, bersamaan mengembangnya waktu, khususnya saat kepimpinan pesantren berpindah pada KH Ali Maksum, Pesantren Krapyak mulai buka peluang untuk membahas https://saminsambongrejo.com/ beberapa ilmu keislaman lain, terutama literatur Islam classic. Pesantren Krapyak yang berdiri semenjak saat sebelum kemerdekaan Indonesia sudah melahirkan beberapa figur nasional seperti Gus Dur, KH Ahmad Mustofa Bisri, KH Buchori Masruri, KH Cholil Staquf dan yang lain. Saat ini, Pesantren Krapyak juga makin mengalami perkembangan dan telah membangun lembaga-lembaga pendidikan sampai perguruan tinggi. Kepimpinan pesantren juga telah ada di tangan angkatan cucu yaitu KH R. Muhammad Najib.

6. Pondok Pesantren Dar Al-Fikr

Pengasuh Pondok Pesantren Dar Al-Fikr di Cirebon adalah Dr. (Hc). KH. Husein Muhammad atau lebih dikenali nama Buya Husein. Dia dikenali sebagai figur kiai feminis. Aksinya saat perjuangkan kesetaraan wanita tidak cuma dilaksanakan di dunia pesantren. Ia sebelumnya pernah memegang Komisioner Komnas Wanita masa 2007-2009 dan 2009-2012. Tidak itu saja, Buya Husein membangun Yayasan Fahmina yang fokus pada pengkajian wanita. Dia juga memiliki peran penting pada komunitas Konferensi Ulama Wanita Indonesia (KUPI). Pesantren yang diasuhnya terima santri secara bermacam latar umur, termasuk yang tidak tempuh pendidikan resmi.

7. Pondok Pesantren Waria Al-Fatah

Pondok Pesantren Waria Al-Fatah diinisiasi oleh Shinta Ratri. Ia membangun Pondok Pesantren Al-Fatah dengan tujuan menampung dan memuat golongan waria yang ingin belajar keislaman. Kehadiran pesantren ini berawal dari bencana gempa yang mengguncangkan Yogyakarta di tahun 2006. Lalu, karena support Kiai Hamroli dan Mariana, rekan transpuan Shinta, Pesantren Al Fatah resmi berdiri pada 2008. Kegiatan di pesantren ini sama dengan pesantren umumnya yaitu mengaji, membahas tafsiran Alquran, sholat berjemaah, dan aktivitas beribadah yang lain.

8. Pondok Pesantren Tambakberas

Pelopor Pondok Pesantren Tambakberas, Jombang, adalah kakek dari KH Hasyim Asy’ari yaitu KH Abdus Salam atau kerap dikenali sebagai Mbah Soihah. Pesantren ini dibangun pada periode penjajahan Belanda, persisnya tahun 1838. Pesantren yang memiliki beberapa ribu santri ini mengadakan pendidikan resmi, dimulai dari tingkatan umur dini sampai pendidikan tinggi, termasuk sekolah tinggi kesehatan. Sampai saat ini, jumlah santri yang belajar dalam Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas telah lebih dari 11 ribu.

9. Pondok Pesantren Lirboyo

Pondok Pesantren Lirboyo dibangun pada 1910 Masehi, oleh KH Abdul Karim. Saat ini, kepimpinan Pesantren Lirboyo ada di salah satunya tangan cucunya, KH M. Anwar Manshur. Santri Lirboyo terdaftar ikut peran dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, salah satunya pada kejadian 10 November 1945 di Surabaya. Saat ini, Pesantren Lirboyo sudah memiliki beberapa cabang yaitu Cabang Pagung (Kediri), Cabang Turen (Malang), Cabang Bakung (Blitar), Cabang Santren (Blitar) dan Cabang Majalengka. Sistem pendidikan yang diaplikasikan di Lirboyo ialah ta’lim, tarbiyah, dan ta’dib. Adapun, pengajian kitab di pesantren ini menerapkan dua mekanisme yakni sorogan dan bandongan.

10. Pondok Pesantren Kebon Jambu Al-Islamy

Pondok Pesantren Kebon Jambu Al-Islamy dibangun oleh KH Muhammad dan Nyai Hj. Masriyah Amva pada 20 November 1993. Semenjak 2006, pengasuh Pesantren Kebon Jambu diganti oleh Ny. Hj. Masriyah Amva, gantikan si suami yang sudah wafat. Pondok Pesantren Kebon Jambu populer dengan program favorit ekstrakurikuler seperti seni qiraat Al-Qur’an, seni ceramah, seni kaligrafi, seni selawat, seni rebana, seni bela diri, dan ada banyak yang lain. Dalam periode satu dekade, pesantren ini sudah mengadakan program pendidikan dasar tingkat SMP, Paket C, Madrasah Aliyah, dan lain-lain. Program pendidikan di pesantren ini sudah disamakan kurikulum pendidikan nasional.

コメント

タイトルとURLをコピーしました